Pendugaan Mineral Kromit Menggunakan Metode Induced Polarization (Ip) di Daerah Kabaena Utara, Bombana Sulawesi Tenggara

Authors

  • Budy Santoso Departemen Geofisika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Subagio Subagio Pusat Survei Geologi

DOI:

https://doi.org/10.33332/jgsm.geologi.v17i3.17

Abstract

Mineral kromit di daerah Kabaena Utara terdapat pada batuan ultramafik (batuan peridotit) dan endapan aluvial. Untuk mengetahui penyebaran mineral kromit di daerah penelitian maka dilakukan pengukuran Induced Polarization. Induced Polarization merupakan salah satu metode geofisika yang dapat digunakan untuk pendugaan mineral kromit berdasarkan parameter fisis chargeabilitas dan resistivitas batuan. Teknik pengukuran Induced Polarization dilakukan dengan metode Sounding Profilling 2D, dengan metode ini penyebaran mineral kromit secara lateral dan vertikal dapat diketahui. Konfigurasi elektroda yang digunakan dalam akuisisi data IP yaitu Konfigurasi Dipole-Dipole dengan menggunakan alat Res & IP Meter Supersting-R8. Pengolahan data menggunakan program inversi Res2Dinv. Endapan kromit di daerah penelitian terdiri dari endapan primer dan endapan sekunder. Berdasarkan hasil pengukuran Induced Polarization, endapan kromit primer yang terdapat pada batuan ultramafik (batuan peridotit) mempunyai nilai chargeabilitas (221 – 320) msec dan resistivitas (900 – 6000) Ohm.m, sedangkan endapan kromit sekunder yang terdapat pada lapisan pasir yang mengandung gravel dan fragmen batuan peridotit mempunyai nilai chargeabilitas (203 – 270)  msec dan resistivitas (296 – 400) Ohm.m. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chapman, R.R.,2002. Physics for Geologists 2nd Edition, Routledge, London,

p.

Loke,M.H., 2004. Res2Dinv ver. 3.54, Rapid 2D Resistivity and IP Inversion Using the Least-Squares method, Geotomo Software, Malaysia : 11-36.

Moe’tamar., 2005. Inventarisasi dan Evaluasi Mineral Logam di Daerah Kabupaten Bombana dan Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, Direktorat Sumberdaya Mineral, Bandung (Tidak terbit).

Milsom,J., 2003. Field Geophysics, The Geologycal Field Guide Series 3nd Edition, John Wiley & Sons, West Sussex, 120p.

Madden, T.R. 1976, In Mining Geophysics, Tulsa : Society of Exploration Geophysicists

Reynolds,J.M,1998. An Introduction to Applied and Enviromental Geophysics, John Wiley & Sons, New York, 418p.

Simandjuntak,T.O., Surono., dan Sukido., 1993. Peta Geologi Lembar Kolaka, Sulawesi, Sekala 1 : 250.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Santoso,B., dan Supriyana,E., 2008. Penelitian Kromit Dengan Metode Polarisasi Terimbas di Daerah Wosu, Kec. Bungku Barat Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Laporan penelitian Laboratorium Geofisika Unpad, Bandung (Tidak terbit).

Telford, W.M., L.P Geldart, & R.E. Sheriff, 2004. Applied Geophysics 2 nd Edition, Cambridge University Press, Cambridge : 579-581.

Downloads

Published

2017-05-28