INTERPRETASI STRUKTUR GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DAERAH LEUWIDAMAR BERDASARKAN ANALISIS SPEKTRAL DATA GAYA BERAT

Authors

  • Imam Setiadi Pusat Survei Geologi
  • Ai Diyanti Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendiidkan Indonesia
  • Nanang D Ardi Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendiidkan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33332/jgsm.geologi.v15i4.59

Abstract

Kajian analisis data gayaberat daerah Leuwidamar, Banten telah dilakukan menggunakan metode analisis spektral.Tujuannya adalah memperkirakan kedalaman batuan alas dan menginterpretasi model geologi bawah permukaan. Metode gayaberat dilakukan beralaskan anomali gayaberat yang muncul karena adanya variasi rapat massa dari penyusun material bawah permukaan bumi. Hasil analisis spektral menunjukkan dua nilai kedalaman dengan rata-rata 1,71 km yang merefleksikan kedalaman batuan alas dan 10,66 km yang mencerminkan kedalaman kerak. Berdasarkan pemodelan dua dimensi bawah permukaan diperkirakan batuan alas daerah Leuwidamar adalah andesit yang memiliki densitas sebesar 2,74 g/cc. Evolusi tektonik menyebabkan terbentuknya sesar bawah permukaan dan batuan terobosan seperti granodiorit Cihara yang memiliki densitas 2,68 g/cc di bagian selatan Leuwidamar.


Kata kunci : Leuwidamar, gayaberat, analisis spektral

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bemmelen, R.W. van, 1949, The Geology of Indonesia, Vol. I A, Govt. Print. Office, The Hague, 732 p.

Indriana, Dwi Rina. 2008. Estimasi Ketebalan Sedimen dan Kedalaman Diskontinuitas Mohorovicic Deerah Jawa Timur dengan Analisis Power Spektrum Data Anomali Gravitasi. Berkala Fisika. Vol. 11 , No.2: 67-74.

Nasution, J. dan Tasno, D.P., 1990, Peta Anomali Bouguer Lembar Leuwidamar Jawa, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Setiadi, I., Setyanta, B., Widijono, B.S. 2010. Delinasi Cekungan Sedimen Sumatera Selatan Beralaskan Analisa Data Gayaberat. . Jurnal Sumber Daya Geologi Vol. 20 No. 2: 93-106.

Sujatmiko dan Santosa. 1992. Peta Geologi Lembar Leuwidamar, Jawa, skala 1:100.000, Peta Geologi Bersistem Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Talwani, M. 1959. Rapid Gravity Computations for Two-Dimensional Bodies with Application to the Mendocino Submarine Fracture Zone. New York : Columbia University.

Walidah dan Fitriana I. 2011. Penentuan Struktur Bawah Permukaan Beralaskan Analisa dan Pemodelan Gayaberat untuk Melihat Potensi Hidrokarbon pada Daerah FW1807 Cekungan Jawa Timur Utara. Skripsi pada FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia Depok: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2014-11-22