GEOLOGI GUNUNG SADAHURIP, KABUPATEN GARUT

Authors

  • Pudjo Asmoro Pusat Survei Geologi

DOI:

https://doi.org/10.33332/jgsm.geologi.v14i4.77

Abstract

Isu-isu adanya piramida Sadahurip telah merebak di media massa, elektronik dan dunia maya sejak awal tahun 2012. Kalangan masyarakat tertentu masih percaya, walaupun telah disanggah oleh beberapa ahli geologi dan arkeologi. Berdasarkan pandangan ilmu kegunungapian, G. Sadahurip merupakan gunung api tua yang merupakan parasit G. Talagabodas, dan muncul di dalam bukaan kawah berarah tenggara-baratlaut. G. Sadahurip berbentuk kerucut, dan disusun oleh aliran-aliran lava dan sebagian besar ditutupi oleh endapan jatuhan piroklastika berumur 13320 BP. Lembah Baturahong adalah lembah dalam yang terbentuk oleh proses erosi. Bercak-bercak warna putih pada permukaan bongkahan lava yang dianggap batu bertulis di Kp.Cicaparlebak merupakan endapan silika. Semua kenampakan tersebut menunjukkan bahwa G. Sadahurip bukan piramida hasil budaya manusia pra sejarah, tetapi sebuah gunung api tua, parasit G. Talagabodas yang terbentuk sebagai hasil erupsi efusif.


Kata kunci : piramida, lembah baturahong, batu bertulis, gunung api tua, Sadahurip, Garut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acuan

Alzwar, M., Akbar, N., Bachri, S., 1992. Peta Geologi Lembar Garut dan Pameungpeuk, Jawa, Skala 1 : 100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Fisher, R.V., and Schmincke, H.U.,1984. Pyroclastic Rocks, Springer-Verlag, Berlin.

Macdonald, G. A., 1972. Volcanoes, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Kusumadinata, K., 1979. Data Dasar Gunungapi Indonesia, Direktorat Vulkanologi Bandung.

Mulyana, A.R., Taufiqurrohman, R., Sasongko, Y., Suswati, Haerani, N., dan Sutawidjaja, I.S., 2000. Pemetaan Geologi Komplek Gunungapi Talagabodas, Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat, Direktorat Vulkanologi, Bandung.

Travis, B.R.,1955.Classification of Rocks, Quarterly of the Colorado School of Mines.

Downloads

Published

2013-11-19